Catatan Sang Pemimpi

Seorang Pemimpi Yang Ingin Mewujudkan Mimpi-mimpinya

Persib siap gunakan stadion gedebage tahun 2013


BANDUNG, (PRLM).- Meski akan selesai pada Desember 2012 mendatang, Persib Bandung dipastikan belum akan bisa menggunakan Stadion Gedebage pada kompetisi mendatang. Hal itu dikarenakan, Stadion Gedebage diperkirakan baru bisa digunakan pada akhir 2013 mendatang.
"Stadion memang sudah jadi pada Desember nanti. Tetapi akses jalan menuju stadion belum lengkap. Sehingga belum bisa langsung digunakan," ujar Kuasa Pengguna Anggaran Pembangunan Stadion Gedebage, Yayat Ahmad Sudrajat di Stadion Gedebage, Selasa (17/7/12).

Dengan demikian, Persib diperkirakan bakal kembali menggunakan Stadion Siliwangi atau Stadion Si Jalak Harupat Kab. Bandung di awal musim mendatang.

Diungkapkan Yayat, akses jalan utama menuju Stadion Gedebage adalah jalan tol. Akses jalan tol tersebut rencananya akan dibangun di Tol Padaleunyi KM 149. Namun pembangunan akses tol di KM 149 masih terkendala oleh pembebasan lahan. Saat ini masih ada kendala untuk memebaskan lahan dari Ciwastra hingga Jln. Soekarno-Hatta oleh pemerintah pusat. Sehingga diperkirakan pembangunan akses tol di KM 149 belum bisa diselesaikan pada Desember mendatang.
Sedangkan akses tol yang ada saat ini yaitu di KM 151, tidak diperkenankan menjadi akses menuju stadion kecuali untuk akses kendaraan pembangunan.

"Akses tol di KM 151 memang tidak boleh digunakan untuk jalan umum. Berdasarkan ijin yang telah dikeluarkan oleh Menteri Pekerjaan Umum, akses tol KM 151 hanya selama proses pembangunan. Dari ijin tersebut, tidak diperbolehkan digunakan sebagai akses jalan menuju stadion untuk pertandingan. Bahkan untuk ujicoba pun tidak diperbolehkan," jelasnya.
Bahkan, lanjut Yayat, perjanjian tersebut telah ditandatangani oleh Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada di atas kertas bersegel.

Jika tetap akan digunakan, kata Yayat, maka akses jalan yang hanya bisa digunakan hanya Jln. Cimincrang. Namun jalan tersebut diperkirakan tidak akan bisa menampung jumlah kendaraan yang bakal menuju stadion. "Dengan demikian, maka harus mengorbankan warga yang tinggal di daerah Cimincrang," tuturnya. Kendati demikian, saat ini tengah dicarikan alternatif jalan keluarnya agar stadion tetap bisa digunakan, khususnya saat peresmian. 

Sementara Ketua KONI Kota Bandung, Aan Johana saat memantau langsung membangunan stadion Gedebage kemarin menuturkan, setelah melihat langsung Kondisi Stadion Gedebage, dirinya bangga Kota Bandung akan mempunyai stadion sepakbola yang megah. Namun ada beberapa hal yang perlu dipikirkan pemerintah seperti pengadaan venue lain disekitar stadion dan akses jalan masuk menuju stadion agar tidak mengganggu masyarakat sekitar.

"Saya bangga Bandung akan mempunyai stadion yang megah. Apalagi beberapa provinsi juga melakukan study banding ke Stadion Gedebage karena dianggap bagus. Tapi ada yang perlu dipikirkan pemerintah seperti venue lain dan akses jalan. Harapannya jika ada venue lain, lokasi ini menjadi sport center hingga bisa digunakan untuk even-even besar seperti PON mendatang," katanya.
Tidak itu saja, Aan juga mengaku dalam pengelolaan stadion harus ada pengelola khusus agar lebih profesional. "Dengan stadion yang megah seperti ini, pengelolaannya harus profesional hingga harus ada pengelola khusus," ujarnya.

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/

Share this article :
+
Previous
Next Post »
5 Komentar untuk "Persib siap gunakan stadion gedebage tahun 2013"

wah keren aku sebagai warga tasikmalaya, jawa barat bangga sekali dengan dibangunnya stadion gede bage

wah ini pasti jadi stadion yang paling bagus nihh, semoga aja dengan adanya stadion ini persib semakin maju lagi.

 
Copyright © 2012 Catatan Sang Pemimpi - All Rights Reserved - DMCA
Template ByKunci Dunia