Catatan Sang Pemimpi

Seorang Pemimpi Yang Ingin Mewujudkan Mimpi-mimpinya

Alasan Ir Soekarno Memilih Tanggal 17 Agustus 1945 Sebagai Hari Kemerdekaan RI


Catatan Sang Pemimpi - Alasan Ir Soekarno Memilih Tanggal 17 Agustus 1945 Sebagai Hari Kemerdekaan RI - Hari kemarin, Rabu tanggal 17 Agustus 2016 tepat dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71. Hari yang begitu sakral dan begitu bersejarah buat bangsa indonesia, dimana pada hari itu Bapak Presiden Pertama kita, Ir Soekarno mengumandangkan proklamasi sebagai tanda kemerdekaan indonesia dari para penjajah. Sebelumnya admin mau mengucapkan terlebih dahulu Dirgahayu Indonesiaku, Negara Republik Indonesia yang ke 71 tahun, semoga bangsa dan negara indonesia kita tercinta ini bisa semakin maju dan benar-benar merdeka.

Alasan Ir Soekarno Memilih Tanggal 17 Agustus 1945 Sebagai Hari Kemerdekaan RI

Berbicara tentang hari kemerdekaan RI, merupakan momen untuk mengenang perjuangan para pejuang dan pahlawan kemerdekaan republik indonesia. biasanya pada momen hari kemerdekaan ini diadakan beberapa perlombaan untuk memeriahkan hari kemerdekaan negara republik indonesia. Diantaranya lomba balap karung, lomba makan kerupuk, lomba panjat pinjang, lomba masukin jarum dan masih banyak lagi lomba lainnya, tapi jangan harap ya ada lomba tarik ulur mantan hhe.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, negara indonesia tercinta kita ini merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Lalu apakah kamu alasan Ir Soekarno memilih tanggal 17 agustus sebagai hari kemerdekaan RI? untuk mengetahui jawabannya, simak artikel selengkapnya dibawah ini.

Inilah Alasan Ir Soekarno Memilih Tanggal 17 Agustus 1945 Sebagai Hari Kemerdekaan RI

Alasan Ir Soekarno Memilih Tanggal 17 Agustus 1945 Sebagai Hari Kemerdekaan RI
Ir Soekarno
Di dalam buku Samudera Merah Putih pada tanggal 19 September 1945 tepatnya jilid satu yang dibuat oleh Lasmidjah Hardi Alasan Ir Soekarno Memilih tanggal 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan RI tersebut disampaikan kepada para pemuda pada saat dirinya sedang diculik ke Rengasdengklok, Karawang. Dan penculikan tersebut dimaksudkan agar tokoh proklamator segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanpa adaya embel-embel Jepang yang mana sebelumnya sudah menjanjikan kemerdekaan bagi negara Indonesia. 

Soekarno lantas berbicara dan memiliki rencana seluruh program proklamasi kemerdekaan Indonesia tersebut dijalankan pada tanggal 17 dan Sukarni yang merupakan salah satu anggota dari pemuda saat itu menanyakan mengapa harus tanggal 17 tidak secepatnya pada tanggal 16. Dan karena pertanyaan dari Sukarni tersebut, lantas Soekarno menjawab bahwa di tanggal 17 tersebut adalah hari yang baik dan juga memang tidak bisa diterangkan secara jelas karena hal tersebut hanyalah dirasakan baik dari dalam kalbu karena Soekarno mempercayai suatu hal yang mistik sehingga tidak dapat dijelaskan dengan akal. 

Yang unik dari pernyataan Soekarno sendiri angka 17 merupakan angka yang suci karena tanggal 17 merupakan tanggal di mana Al Quran diturunkan, selain itu juga orang islam sendiri sembahyang sebanyak 17 rakaat. Dan yang menjadi hal yang memang entah kebetulan atau apa, pada tanggal 17 Agustus 1945 tersebut merupakan bulan suci Ramadhan dan juga jatuh pada hari jumat yang mana hari jumat sendiri diyakini menjadi hari baik, berbahagia dan juga suci sehingga diambilah tanggal 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan Indonesia. 

Dan hal tersebut ditulis di dalam buku karya Lasmidjah Hardi sehingga alasan mistis Soekarno pilih 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan Indonesia dapat terungkap.

Setelah itu pada sore hari, Soekarno dan juga bung Hatta dijemput menuju Jakarta kembali setelah mencapai kesepakatan di antara golongan muda dan juga tua. Pada saat itu, satu-satunya orang perwakilan dari golongan tua yaitu Ahmad Soebardjo memberikan jaminan proklamasi kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945 dan selambat-lambatnya pada pukul 12.00. 

Dan setelah Soekarno dan juga Bung Hatta sudah kembali ke Jakarta, dan juga setelah melewati serangkaian proses serta peristiwa, proklamasi kemerdekaan Indonesia pada akhirnya dikumandangkan oleh Soekarno pada pukul 10.00 WIB di rumahnya yang terletak di jalan Pegangsaan Timur nomor 56, Jakarta. 

Jadi itulah alasan mistis Soekarno pilih 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan Indonesia. Oleh sebab itu sebagai warga Indonesia sekarang ini, terlebih para pemuda Indonesia tentu saja sangat perlu untuk melanjutkan perjuangan dari para pahlawan terdahulu untuk bisa mencegah adanya penjajahan kembali oleh negara lain, sehingga dengan demikian tentu saja nantinya Indonesia bisa menjadi negara yang maju dan berkembang sama seperti negara-negara yang lainnya.

Untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan tersebut, kita sebagai generasi muda bangsa sudah seharusnya menjaga harkat dan martabat bangsa dan menjaga negara kesatuan negara republik indonesia ini. Tidak harus dengan angkat senjata saja, banyak cara yang bisa dilakukan oleh para pemuda-pemudi generasi bangsa untuk meneruskan perjuangan para pahlawan. Salah satunya bisa dengan mengukir prestasi dimata dunia baik melalui prestasi akademik atau olahraga seperti yang dilakukan para atlit kita yang sekarang sedang bertanding di olimpiade rio de jenero brazil saat ini. Dan yang lebih simple cukup dengan kita belajar yang rajin bagi para pelajar dan menghormati bangsa dan negara kita ini.

Alasan Ir Soekarno Memilih Tanggal 17 Agustus 1945 Sebagai Hari Kemerdekaan RI - Saatnya generasi muda tinggalkan hal-hal yang negatif, jadilah generasi muda yang inovatif, kreatif dan bisa membanggakan negara republik indonesia dimata dunia. Jaga baik-baik negara tercinta kita, tunjukkan sikap patriotis dan nasionalisme kalian, NKRI harga mati Sekali merdeka tetap merdeka, selamat hari kemerdekaan republik indonesia yang ke 71, Merdeka!

Baca juga : Contoh Judul Tugas Akhir Manajemen Informatika D3 Lengkap Terbaru

Sumber : http://surabayanews.co.id/

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Alasan Ir Soekarno Memilih Tanggal 17 Agustus 1945 Sebagai Hari Kemerdekaan RI"
 
Copyright © 2012 Catatan Sang Pemimpi - All Rights Reserved - DMCA
Template ByKunci Dunia