Catatan Sang Pemimpi

Seorang Pemimpi Yang Ingin Mewujudkan Mimpi-mimpinya

Inilah Dampak Positif dan Negatif Jika Harga Rokok Naik Jadi Rp 50 ribu


Catatan Sang Pemimpi - Inilah Dampak Positif dan Negatif Jika Harga Rokok Naik Jadi Rp 50 ribu - Halo sobat, apa kabar nih? apa kalian sudah dengar dengan wacana pemerintah yang akan menaikkan cukai rokok yang semula sekitar Rp 20 ribuan perbungkus di sinyalir menjadi Rp 50 ribu perbungkus? Berita ini memang sedang jadi perbincangan hangat di masyarakat, banyak pro kontra yang muncul menyikapi wacana dari pemerintah ini.

Apakah kalian setuju jika harga rokok ini naik menjadi Rp 50 ribu perbungkus? Kalau admin sudah jelas SANGAT SETUJU, mengapa demikian? yang pasti admin bukanlah seorang perokok, tapi bukan hanya karena alasan itu saja admin setuju dengan kenaikkan harga rokok tersebut. Banyak dampak positif yang bisa kita ambil dari kenaikkan harga rokok ini, diantaranya bisa menurunkan jumlah perokok, terutama para pelajar yang belum berpenghasilan, polusi udara berkurang, menurunkan tingkat kematian akibat dari rokok dan masih banyak lagi sisi positif yang bisa kita ambil. Ya meskipun ada juga dampak negatif dari kenaikkan harga rokok ini, terutama yang paling di rasakan adalah para produsen rokok itu sendiri.

Inilah Dampak Positif dan Negatif Jika Harga Rokok Naik Jadi Rp 50 ribu
Namun bagi anda para perokok apakah anda setuju dengan hal ini? Jika mungkin bagi anda para perokok yang kurang setuju, bisa anda simak terlebih dahulu beberapa dampak positif dan negatif jika harga rokok naik jadi Rp 50 ribu perbungkusnya. Berikut ini admin Catatan Sang Pemimpi informasikan beberapa dampak positif dan negatif jika harga rokok naik jadi Rp 50 ribu perbungkusnya.


Inilah Dampak Positif dan Negatif Jika Harga Rokok Naik Jadi Rp 50 Ribu

Lalau apa saja dampak positif dan negatif jika harga rokok naik jadi Rp 50 ribu perbungkus? dibawah ini admin akan informasikan baik itu dampak positif ataupun dampak negatif dari naiknya harga rokok ini.

Yang pertama admin akan bahas dampak positif yang bisa kita ambil jika harga rokok naik jadi Rp 50 ribu perbungkusnya. Berdasarkan informasi yang admin dapatkan dari situs Plimbi.com, ada beberapa dampak positif jika harga rokok naik jadi Rp 50 ribu diantaranya :

1. Banyak yang berhenti merokok
Sudah pasti jika harga naik, orang-orang atau perokok jadi enggan untuk memaksakan merokok lagi karena harga dari rokok yang begitu mahal. Paling tidak mungkin bisa mengurangi jumlah perokok ataupun mengurangi kegiatan merokok yang semula seminggu 1 bungkus menjadi 1 bulan 1 bungkus.

2. Mengurangi krisis kesehatan
Efek dari rokok untuk kesehatan ini memang sudah terkenal merusak kesehatan kita, banyak kasus yang ditemukan orang meninggal dunia dari penyakit kanker akibat konsumsi rokok. tidak hanya perokok aktif, perokok pasifpun mendapatkan dampak dari asap rokok yang berbahaya ini. dengan naiknya harga rokok, perokokpun jadi berkurang dan otomatis bisa mengurangi krisis kesehatan.

3. Meningkatkan pendapatan negara
Jika harga rokok naik, pajakpun akan ikut naik jadi pendapatan negara secara tidak langsung akan meningkat. serta pendapatan dari pajak ini bisa dimanfaatkan lagi untuk meningkatkan sektor kesehatan.

4. Bisa berinvestasi
Dengan mahalnya harga rokok, si perokok akan berpikir 2 kali untuk merokok. mereka mungkin akan lebih memilih hal yang lebih positif diantaranya bisa menabung atau menginvestasikan uang rokok mereka untuk masa depan.

5. Penggunaan Vapor atau Rokok Elektrik
Apabila harga rokok naik, pastinya bagi para perokok yang masih ingin merokok mencari solusi untuk tetap bisa merokok, salah satunya dengan beralih ke rokok elektrik/rokok listrik. Dengan banyaknya yang beralih ke rokok listrik ini, otomatis pendapatan para produsen rokok elekrtik bisa meningkat.


Jika ada dampak positif, sudah jadi hukum alam akan ada dampak negatifnya juga. Diatas merupakan beberapa dampak positif dari naiknya harga rokok, lalu apa saja dampak negatif dari kenaikkan harga rokok ini? berdasarkan informasi yang admin kutip dari website monitorday.com, berikut ini dampak negatif yang bias ditimbulkan dari kenaikkan harga rokok menjadi Rp 50 ribu perbungkus.

Ketua Umum, Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI) Budidoyo, menilai ”Sektor tembakau ini mempengaruhi hajat hidup orang banyak, mulai dari petani tembakau, pedagang tembakau, buruh pabrik hingga penjualan asongan rokok dan banyak lagi lainnya,” katanya. ”Dampak dari semua itu cukup banyak, salah satunya bakal meningkatnya banyak pengangguran,” tambahnya.

Lebih lanjut Budidoyo mengungkapkan, saat ini cukai rokok mampu menyumbang pendapatan negara Rp 173 triliun. Kalau harga satu bungkus rokok Rp 50 ribu, maka bisa hanya separuhnya saja cukai rokok masuk ke kas negara.

Dengan harga rokok cukup mahal, bakal mendorong para perokok akan mencari rokok alternatif lain yang harganya lebih murah. ”Dengan demikian dipastikan rokok illegal yang pasti akan marak dipasaran,” katanya.

Menurutnya, harga per bungkus rokok di Indonesia lebih murah dibandingkan harga rokok di negara maju, adalah hal yang lumrah karena pendapatan mereka juga tinggi. Sedangkan pendapatan rakyat Indonesia sangat rendah. 

Itulah mungkin beberapa dampak positif dan negatif jika harga rokok naik jadi Rp 50 ribu perbungkusnya, bagaimana pendapat anda dengan kenaikkan harga rokok ini? Silakan tinggalkan pendapat anda di kotak komenter. 

Bonus Meme :D
Inilah Dampak Positif dan Negatif Jika Harga Rokok Naik Jadi Rp 50 ribu

Sumber : http://www.plimbi.com/ & http://www.monitorday.com/

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Inilah Dampak Positif dan Negatif Jika Harga Rokok Naik Jadi Rp 50 ribu"
 
Copyright © 2012 Catatan Sang Pemimpi - All Rights Reserved - DMCA
Template ByKunci Dunia